Thursday, August 13, 2015

Pengertian Iman Kepada Hari AKHIR (KIAMAT)

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) - Rukun Iman jumlahnya ada 6, yaitu iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab, iman kepada rasul, iman kepada hari akhir dan iman kepada qadha dan qadar. Jadi iman kepada hari akhir adalah rukun iman yang ke 5, dan kita wajib mengimaninya.

Sebelumnya sudah dijelaskan pengertian iman kepada rasul-rasul Allah, dan juga pengertian qadha dan qadar. Setelah itu untuk melengkapi artikel di kita punya ini, kami akan share mengenai definisi iman kepada hari akhir atau kiamat. Dan berikut ini adalah uraiannya :

Pengertian Iman kepada hari akhir (kiamat)

Hari akhir atau yang umum disebut dengan hari kiamat adalah rusaknya alam semesta ini beserta apa yang ada didalamnya. Rusaknya alam semesta ini akan dimulai dengan adanya goncangan yang dahsyat pada bumi sehingga bumi akan mengeluarkan segala isinya. Gambaran hari kiamat banyak kita temui dalam Al-Qur'an, salah satunya ada pada Quran Surat Al-Zalzalah ayat 1 - 8.

99:1. Apabila bumi diguncangkan dengan guncangannya (yang dahsyat), 
99:2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya, 
99:3. dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (jadi begini)?", 
99:4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya, 
99:5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. 
99:6. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. 
99:7. Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. 
99:8. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula.
Pengertian atau definisi adari iman kepada hari akhir adalah mempercayai dan meyakini akan adanya kehidupan yang kekal dan abadi setelah kehidupan di dunia yang fana ini, dan suatu saat akan ada dimana alam semesta ini akan hancur beserta isinya yang kemudian kita akan dibangkitkan lagi setelah mati.

Hari kiamat akan diawali dengan tiupan terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil, pada tiupan pertama ini semua alam semesta dan isinya termasuk bumi akan hancur. Dan semua makhluk yang masih hidup akan mati.

Hari kiamat tidak ada orang yang tahu kapan terjadinya, bahkan Nabi Muhammad saw pun juga tidak tahu. Yang tahu adalah Allah swt Yang Maha Mengetahui. Tetapi Allah swt telah memberikan tanda-tanda datangnya akhir zaman. InsyaAllah tanda-tanda hari kiamat akan saya share pada kesempatan selanjutnya.

Baca lebih lanjut : Pengertian iman kepada hari akhir

Fungsi Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)

Beriman kepada hari kiamat memili beberapa fungsi, dan berikut ini fungsi beriman kepada hari akhir :
  • Mendorong kita untuk selalu beribadah, dan berbuat amal shalih untuk bekal nanti ketika di akhirat.
  • Senantiasa menjaga diri dan menjauhi segala perbuatan dosa, karena perbuatan dosa dapat menerumuskan kita ke dalam neraka ketika di akhirat nanti.
  • Menjadikan seseorang senantiasa bersikap hati-hati dalam semua tindakan dan perbuatan
  • Dapat menambah iman dan taqwa kita kepada Allah swt
  • Karena sudah yaqin suatu saat akan terjadi kiamat, maka kita akan selalu berusaha untuk mengerjakan amal ibadah yang sebaik-baiknya karena besok di akhirat kita akan dihisab dan menerima pembalasan. Sekecil apapun kebaikan maka akan mendapatkan suatu balasan, dan juga sebaliknya sekecil apaupun kejahatan yang dilakukan maka juga akan mendapatkan suatu balasan.
Baca juga : Nama-nama hari akhir (kiamat)

No comments:

Post a Comment